STRATEGI PENYUSUNAN PROGRAM KERJA DAN LAPORAN
KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA MAHASISWA
STSI PADANGPANJANG
Oleh:
PUSAT PENELITIAN
DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
DEPARTEMEN
PENDIDIKAN NASIONAL
SEKOLAH
TINGGI SENI INDONESIA
PADANGPANJANG
2006
A. Halaman Sampul
Contoh Model Halaman Sampul Usulan Program Kukerta
USULAN
PROGRAM KULIAH KERJA NYATA
JUDUL
KEGIATAN …………………….…
DI ………………………………………
Oleh:
NAMA MAHASISWA
NIM………………………….. …
DEPARTEMEN
PENDIDIKAN NASIONAL
SEKOLAH TINGGI
SENI INDONESIA
(STSI)
PADANGPANJANG
2006
B. Halaman Persetujuan
Halaman memuat informasi
1.
Judul Kegiatan :
2.
Pelaksana :
a.
Nama :
b.
NIM :
c. Jurusan :
d. Jenis
Kelamin :
e. Bidang
Keahlian :
f.
Alamat Rumah/No. Telf/HP :
3.
Jangka Waktu Kegiatan : dari
tanggal ….. s/d tanggal …… Tahun 2006
4. Lokasi
Kukerta : …………………………….……..
Padangpanjang, 20 Juli 2006
Diketahui
oleh:
Pembimbing
Pelaksana
Kegiatan
(Nama
……………………..) (Nama ………………………….)
NIP.
……………………….
NIM. ..……………………………
Diketahui/Disetujui:
Ka.
Puslit dan P2M
Andar
Indra Sastra, S.Sn.,M.Hum.
NIP. 131793881
RANCANGAN
PELAKSANAAN KEGIATAN
KULIAH
KERJA NYATA(KUKERTA)
STSI
PADANGPANJANG
A.
Judul Kegiatan (pada halaman sampul)
Judul kegiatan; singkat
dan cukup spesifik; tentunya disesuaikan dengan disiplin masing-masing.
Misalnya, Pelatihan Tari Galombang atau Pelatihan Pengembangan
Garapan Komposisi Talempong Pacik Dalam Upaya Peningkatan Kreativitas dan
Pelestarian Musik Tradisional di…. dan
lain-lain.
B. Analisis
Situasi
Gambarkan
secara ringkas (1) bagaimana kondisi di
lingkungan tempat melakukan kegiatan Kuliah
Kerja Nyata, (2) bagaimana kondisi seni yang menjadi sasaran kegiatan; (3)
bagaimana kondisi khalayak sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan (4) bagaimana
potensi seni yang mungkin untuk dikembangkan melalui kegiatan Kuliah Kerja
Nyata dan keterhubungannya dengan: kepentingan masyarakat; pariwisata (kalau
ada hubungannya dengan kepentingan pariwisata); atau kepentingan pendidikan (kalau
Kuliah Kerja Nyata dilakukan di sekolah). Point keempat disesuaikan dengan
dimana kegiatan Kuliah Kerja Nyata dilakukan.
D. Identifikasi dan Perumusan Masalah
Identifikasi fenomena
atau kemungkinan yang memberi peluang Kuliah Kerja Nyatapenting atau dapat
untuk dilakukan; sebagai acuan perumusan masalah. Rumuskan masalah secara
konkrit dan jelas. Perumusan masalah menjelaskan, asumsi dan lingkup yang
menjadi batas kegiatan Kuliah Kerja Nyata, seperti Pelatihan Tari Galombang.
Contoh:
Berkaitan dengan kegiatan pelatihan
Tari Galombang yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini , maka ada beberapa
masalah yang dapat diidentifikasi:
1.
Kelompok Pelatihan Tari Galombang dengan
kelengkapannya terkait dengan rendahnya sumber daya manusia dan kondisi social
budaya.
2.
Rendahnya sumber daya manusia itu berkaitan dengan
rendahnya tingkat pendidikan atau pengalaman berkesenian, dengan demikian
tentunya juga akan berpengaruh terhadap kemampuan atau keterampilan.
3.
Walaupun mereka mempunyai sedikit kemampuan secara
alami, tetapi umumnya mereka memiliki kemauan dan potensi yang bisa dijadikan
sebagai pelaku dalam kegiatan pelatihan Tari Galombang ini.
4.
Belum pernah dilakukan pelatihan Tari Galombang
dalam upaya meningkatkan kreativitas dan pelestariannya di …. (tempat melakukan
pelatihan).
E. Tujuan Kegiatan
Rumusan tujuan akan
dicapai secara spesifik yang merupakan kondisi baru yang diharapkan terwujud
setelah kegiatan Pelatihan Tari Galombang selesai. Rumusan tujuan tujuan
hendaknya jelas dan dapat diukur.
Contoh:
1. Meningkatkan kreativitas
kelompok penari Galombang tentang pentingnya memiliki keterampilan di bidang seni.
2. Meningkatakan apresiasi (pemahaman) seni, khususnya yang berkaitan dengan
penguasaan Tari Galombang.
3. Meningkatkan kemampuan
teknis atau keterampilan dalam menarikan Tari Galombang.
4. Membimbing langsung
kelompok penari Galombang dalam upaya
meningkatkan kreativitas dan pelestariannya di ……. (tempat melakukan
pelatihan).
F. Manfaat Kegiatan
Gambarkan manfaat bagi
khalayak sasaran, dari segi aspek fungsionalnya dalam masyarakat maupun dari
segi penerapan IPTEKS, setelah kegiatan Pelatihan Tari Galombang
selesai.
Contoh:
1. Meningkatnya apresiasi
para peserta terhadap seni dan secara teknis mereka mampu menarikan tari
Galombang dengan baik.
2. Dari aspek socsal,
nagari/sekolah ….. telah mempunyai potensi seni khususnya tari Galombang yang
dapat dimanfaatkan atau difungsikan untuk kepentingan masyarakat nagari sesuai
dengan keperluannya.
3. Dengan adanya inovasi
dan teknik penataannya dengan sentuhan estetik; diharapkan masyarakat merasa
memilikinya.
G. Kerangka Pemecahan Masalah
Merupakan kerangka
berfikir secara empirik untuk memecahkan masalah yang sudah diidentifikasi.
Gambarkan berbagai alternatif pemecahan masalah yang mungkin dilakukan untuk
menangani masalah yang dirumuskan.
Contoh:
Untuk memecahkan masalah
yang terdapat dalam kegiatan pelatihan Tari Galombang adalah sebagai berikut:
1. Menjelaskan tentang
perlunya pengembangan (inovatif) dan pelestarian tari Galombang.
2. Memberikan penjelasan
tentang bagian-bagian dari tari Galombang yang harus dilakukan oleh setiap
kelompok.
3. Memberikan keterampilan
dalam penguasaan materi masing-masing kelompok.
4. Mempraktekkan
bagian-bagian dalam tari Galombang secara langsung kepada masing-masing
kelompok.
5. Menggabungkan dengan
musik, untuk mencocokan tempo, dinamik dan bagian-bagian penting yang terkait
dengan musik.
H. Khalayak Sasaran
Siapa
(individu atau kelompok) anggota khalayak sasaran yang dianggap strategis
(mampu dan mau) untuk dilibatkan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (sesuai
dengan judul kegiatan), misalnya Pelatihan Tari Galombang.
Jelaskan
siapa saja para pendukung tari Galombang itu (mungkin pemuda, siswa atau
gabungan keduanya). Bagaimana mereka bisa ikut dalam kegiatan Kuliah Kerja
Nyata (seperti dalam pelatihan Tari
Galombang).
I. Metode Kegiatan
Sebut
dan uraikan metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan yang telah
dicanangkan dalam butir E (Tujuan Kegiatan).
Contoh:
Metode yang dipakai dalam kegiatan
pelatihan Tari Galombang ini adalah gabungan antara penyuluhan dan praktek
dengan rincian sebagai berikut:
1. Penyuluhan kepada kelompok penari Galombang
dilakukan dengan cara:
a. Memberikan penjelasan
tentang pentingnya penguasaan keterampilan berkesenian sebagai bagian dari
kebutuhan pengembangan diri.
b. Menjelaskan kepada
peserta bahwa tari Galombang terdiri dari 4 (empat) bagian
c. Penjelasan tentang
pentingnya masyarakat/siswa di ….) tempat melakukan kegiatan) untuk memiliki
tari Galombang.
2. Praktek pelatihan tari Galombang dilakukan
sesuai dengan bagian-bagian atau kelompok-kelompok yang akan menarikan dengan
cara pelatihan kelompok silat dan penari Galombang secara terpisah; kemudian
melatih kelompok penari Galombang dan melatih pembawa carano beserta
kelengkapannya; dan terakhir penggabungan secara utuh serta diringi dengan
musik.
J. Rencana dan Jadwal Kerja
Gambarkan
tahap-tahap kegiatan dan jadwal secara spesifik dan jelas dalam suatu barchart.
Jelaskan pula apa yang akan dikerjakan setiap tahapan, dan kapan waktunya.
|
Rencana dan Jadwal Kerja
|
|||||
|
Pelatihan
Tari Galombang
|
Bulan Agustus
2006 dalam Hitungan Minggu
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1. Mengadakan
pertemuan dan penyempurna-an program
|
|
|
|
|
|
|
2. Pelatihan kelompok silat
|
|
|
|
|
|
|
3. Pelatihan kelompok tari piring
|
|
|
|
|
|
|
4. Pelatihan kelompok galombang
|
|
|
|
|
|
|
5. Pelatihan Pembawa
carano (payung, pembaca pasambahan
|
|
|
|
|
|
|
6. Pengabungan dengan
musik
|
|
|
|
|
|
K. Indikator Keberhasilan
Apa
saja kriteria atau indikator pencapaian tujuan dan tolok ukur yang digunakan
untuk menyatakan keberhasilan dari
kegiatan yang dilakukan.
Contoh:
Indikator
keberhasilan dalam pelatihan tari Galombang dapat dilihat pada tabel berikut.
Indikator Keberhasilan Pelatihan Tari
Galombang
|
|||||||
|
Indikator Pencapaian Target
|
Baseline
|
Bulan Agustus 2006
|
||||
Target
Minggu I
|
Target Minggu II
|
Target Minggu III
|
Target Minggu IV
|
Target Minggu V
|
|||
1.
|
Pelatihan Kelompok Silat
|
10%
|
40%
|
40%
|
|
|
|
2.
|
Pelatihan
Kelompok Tari Piring
|
%
|
40%
|
60%
|
|
|
|
3.
|
Pelatihan Kelompok galombang
|
%
|
|
|
30%
|
70%
|
|
4.
|
Pelatihan pembawa carano
|
%
|
|
|
|
80%
|
|
5.
|
Gabungan dengan musik
|
%
|
|
|
|
80%
|
100%
|
Demikian panduan program kerja Kuliah
Kerja Nyataini disusun dan disosialisasikan untuk dapat dijadikan sebagai
pedoman dalam melaksanakan kegiatan
pengabdian pada masyarakat.
Padangpanjang, 20 April
2006
Ka.
Puslit dan P2M
Andar
Indra Sastra, S.Sn.,M.Hum.
NIP.
131 793 881
Contoh Model Laporan Kuliah Kerja Nyata
LAPORAN KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA
JUDUL KEGIATAN
…………………….…
DI ………………………………………
Oleh:
NAMA MAHASISWA
NIM………………………….. …
DEPARTEMEN
PENDIDIKAN NASIONAL
SEKOLAH
TINGGI SENI INDONESIA
PADANGPANJANG
2006
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN KULIAH KERJA NYATA
DI ……………………………………………….
1.
Judul Kegiatan :
2.
Pelaksana :
a. Nama :
b. NIM :
c. Jurusan :
d. Jenis Kelamin :
e. Bidang Keahlian :
f. Alamat Rumah/No. Telf/HP :
3.
Jangka Waktu Kegiatan : dari
tanggal ….. s/d tanggal ……… Tahun 2006
4. Lokasi
Kukerta : …………………………….……..
Padangpanjang, 20 Juli 2006
Diketahui
oleh:
Pembimbing
Pelaksana Kegiatan
(Nama
……………………..)
(Nama ………………………….)
NIP.
……………………….
NIM. ..……………………………
Diketahui/Disetujui:
Ka.
Puslit dan P2M
Andar
Indra Sastra, S.Sn.,M.Hum.
NIP. 131793881
DAFTAR ISI
LAPORAN
PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
halaman
HALAMAN SAMPUL …………………………………………………………………………………
|
i
|
||
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………………………………..
|
ii
|
||
PRAKATA …………………………………………………………………………………………………
|
iii
|
||
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………………
|
iv
|
||
DAFTAR GAMBAR …………………………………………………………………………………….
|
v
|
||
|
|
||
I.
|
PENDAHULUAN ………………………………………………………………………………
|
1
|
|
|
A. Analisis Situasi ………………………………………………………………………………
B. Perumusan Masalah ………………………………………………………………………
C. Tujuan dan Manfaat ………………………………………………………………………
|
|
|
II.
|
MATERI DAN METODE PELAKSANAAN …………………………………………..
|
|
|
|
A.
|
Khalayak Sasaran ……………………………………………………………………….
|
|
|
B.
|
Metode Yang Digunakan ……………………………………………………………..
|
|
|
C.
|
Kerangka Pemecahan Masalah …………………………………………………….
|
|
|
D.
|
Realisasi Pemecahan Masalah ……………………………………………………..
|
|
III.
|
HASIL DAN PEMBAHASAN ………………………………………………………………
Jelaskan hasil apa saja yang telah diperoleh dan kemudian bahas dengan
berbagai acuan yang ada, selanjutnya buat pencapaian target dalam bentuk barchart.
|
|
|
IV.
|
KESIMPULAN DAN SARAN ………………………………………………………………
|
|
|
|
A.
|
Kesimpulan ………………………………………………………………………………..
|
|
|
B.
|
Saran …………………………………………………………………………………………
|
|
|
|
||
|
|
PEMANTAUAN
KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA
MAHASISWA
STSI PADANGPANJANG
OLEH:
DOSEN PEMBIMBING
1.
|
a.
|
Perguruan Tinggi
|
:
|
|
|
b.
|
Jurusan
|
:
|
|
2.
|
Judul Kegiatan
|
:
|
|
|
3.
|
Ketua Pelaksana
|
|
|
|
4.
|
Lokasi Kegiatan
|
:
|
|
|
5.
|
Waktu Pelaksanaan
|
:
|
|
|
|
a.
|
Tanggal
Mulai Kegiatan - Tanggal Perkiraan Selesai
|
:
|
|
|
b.
|
Perkiraan
Tanggal Penyerahan Laporan
|
:
|
2 Oktober 2006
|
7.
|
Apakah Puslit dan P2M berperan dalam
|
:
|
|
|
|
a.
|
Penyusunan Strategi Program
|
:
|
ya/tidak
|
|
b.
|
Mengadakan pembekalan kegiatan
|
:
|
ya/tidak
|
|
c.
|
Memberikan pengarahan kepada pembimbing
|
|
|
|
c.
|
Memonitor pelaksanaan kegiatan
|
:
|
ya/tidak
|
|
d.
|
Penyusunan Laporan Kegiatan
|
:
|
ya/tidak
|
|
e.
|
Mengendalikan program
|
:
|
ya/tidak
|
|
f.
|
Memantau pembuatan laporan akhir
|
:
|
ya/tidak
|
|
h.
|
Memberikan pelayanan lain
|
:
|
ya/tidak
|
8.
|
Kesesuaian
Pelaksanaan Kegiatan
|
|
|
|
|
a.
|
Waktu Pelaksanaan
|
:
|
Sesuai/menyimpang
|
|
b.
|
Materi yang direncanakan
|
:
|
Sesuai/menyimpang
|
|
c.
|
Alat yang digunakan
|
:
|
Sesuai/menyimpang
|
|
d.
|
Kerangka pemecahan masalah
|
:
|
Sesuai/menyimpang
|
|
e.
|
Metode yang digunakan
|
:
|
Sesuai/menyimpang
|
|
Bila menyimpang berikan penjelasannya
|
:
|
|
|
9.
|
Cara Pemantauan
|
|
|
|
|
a.
|
Tinjauan Lapangan/Lokasi
|
:
|
|
|
b.
|
Wawancara
|
:
|
|
|
c.
|
Melihat kondisi lapangan
|
:
|
|
|
d.
|
Lainnya, sebutkan ………….
|
:
|
|
10.
|
Masalah
yang dihadapi pelaksana dan upaya mengatasinya
|
:
|
|
|
11.
|
Hasil
yang dicapai dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata
|
:
|
|
|
12.
|
Temuan
Penting dalam Pemantauan
|
:
|
|
|
13.
|
Penilaian
Umum dan Saran
|
:
|
|
|
14.
|
Tanggal
Pemantauan
|
:
|
|
|
……………………………………………
|
Mengetahui,
Ka. Puslit da P2M
Cap dan
tanda tangan
|
Pembimbing,
Tanda
tangan
|
(…………………………………….)
NIP………………………………..
|
(…………………………………….)
NIP………………………………..
|
FORMAT PENILAIAN PELAKSANAAN
KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA
Judul
|
:
|
|
Pelaksana
Kegiatan
|
:
|
|
Jurusan
|
:
|
|
Bidang Ilmu
Pelaksana Kegiatan
|
:
|
……….
minggu/bulan
|
Bentuk
Kegiatan
|
:
|
|
Lama
Kegiatan
|
:
|
|
NO.
|
KRITERIA
|
INDIKATOR PENILAIAN
|
BOBOT
|
SKOR
|
NILAI
|
1.
|
Masalah
yang ditangani
|
a. Judul
b. Analisis Situasi
c. Perumusan Masalah
|
30
|
|
|
2.
|
Tujuan dan
Manfaat
|
d. Tujuan
e. Manfaat
|
15
|
|
|
3.
|
Kerangka
Berpikir
|
f. Kerangka pemecahan
masalah
g. Khalayak sasaran
antara yang strategis
h. Metode kegiatan
|
25
|
|
|
4.
|
Rencana dan
Jadwal Kerja
|
i. Rencana
j. Jadwal kerja
|
30
|
|
|
J U M L A H
|
100
|
|
|
Setiap kriteria diberi skor: 1, 2, 4, dan 5 (1=sangat kurang, 2= kurang, 4=baik, dan
5=sangat baik)
Hasil Penilaian: Diterima/ditolak
Alasan penolakan: a, b, c, d, e, f, g, h, i, dan
j (sebutkan ………………………………………..)
Batas Penerimaan: 75
Saran/Rekomendasi:
………………………….,………………………….
Penilai,
(…………………………………………)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar