Senin, 28 November 2011

contoh baru

STRATEGI PENYUSUNAN PROGRAM KERJA DAN LAPORAN KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA MAHASISWA
STSI PADANGPANJANG







 










Oleh:

PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT




DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
SEKOLAH TINGGI SENI INDONESIA
PADANGPANJANG
2006
A. Halaman Sampul

Contoh Model Halaman Sampul Usulan Program Kukerta

USULAN PROGRAM KULIAH KERJA NYATA

JUDUL KEGIATAN …………………….…
 DI ………………………………………






 












Oleh:

NAMA MAHASISWA
NIM………………………….. …



DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
SEKOLAH TINGGI SENI INDONESIA
(STSI) PADANGPANJANG
2006

B. Halaman Persetujuan

Halaman memuat informasi
1. Judul Kegiatan                               :
2. Pelaksana                                       :
a. Nama                                              :
b. NIM                                                            :
c. Jurusan                                          :
d. Jenis Kelamin                                :
e. Bidang Keahlian                            :
f. Alamat Rumah/No. Telf/HP         :
3. Jangka Waktu Kegiatan                : dari tanggal ….. s/d tanggal …… Tahun 2006
4. Lokasi Kukerta                              : …………………………….……..

 


                                                                       Padangpanjang, 20 Juli 2006
Diketahui oleh:
Pembimbing                                                        Pelaksana Kegiatan




(Nama ……………………..)                                    (Nama ………………………….)
NIP. ……………………….                                        NIM. ..……………………………



Diketahui/Disetujui:


Ka. Puslit dan P2M




Andar Indra Sastra, S.Sn.,M.Hum.
NIP. 131793881




RANCANGAN PELAKSANAAN KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA(KUKERTA)
STSI PADANGPANJANG


A. Judul Kegiatan (pada halaman sampul)
Judul kegiatan; singkat dan cukup spesifik; tentunya disesuaikan dengan disiplin masing-masing. Misalnya, Pelatihan Tari Galombang atau Pelatihan Pengembangan Garapan Komposisi Talempong Pacik Dalam Upaya Peningkatan Kreativitas dan Pelestarian Musik Tradisional  di…. dan lain-lain.

B. Analisis Situasi
Gambarkan secara ringkas (1) bagaimana kondisi  di lingkungan tempat  melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata, (2) bagaimana kondisi seni yang menjadi sasaran kegiatan; (3) bagaimana kondisi khalayak sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan (4) bagaimana potensi seni yang mungkin untuk dikembangkan melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata dan keterhubungannya dengan: kepentingan masyarakat; pariwisata (kalau ada hubungannya dengan kepentingan pariwisata); atau kepentingan pendidikan (kalau Kuliah Kerja Nyata dilakukan di sekolah). Point keempat disesuaikan dengan dimana kegiatan Kuliah Kerja Nyata dilakukan.

D. Identifikasi dan Perumusan Masalah

Identifikasi fenomena atau kemungkinan yang memberi peluang Kuliah Kerja Nyatapenting atau dapat untuk dilakukan; sebagai acuan perumusan masalah. Rumuskan masalah secara konkrit dan jelas. Perumusan masalah menjelaskan, asumsi dan lingkup yang menjadi batas kegiatan Kuliah Kerja Nyata, seperti Pelatihan Tari Galombang.

Contoh:
            Berkaitan dengan kegiatan pelatihan Tari Galombang yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini , maka ada beberapa masalah yang dapat diidentifikasi:
1.         Kelompok Pelatihan Tari Galombang dengan kelengkapannya terkait dengan rendahnya sumber daya manusia dan kondisi social budaya.
2.        Rendahnya sumber daya manusia itu berkaitan dengan rendahnya tingkat pendidikan atau pengalaman berkesenian, dengan demikian tentunya juga akan berpengaruh terhadap kemampuan atau keterampilan.
3.        Walaupun mereka mempunyai sedikit kemampuan secara alami, tetapi umumnya mereka memiliki kemauan dan potensi yang bisa dijadikan sebagai pelaku dalam kegiatan pelatihan Tari Galombang ini.
4.       Belum pernah dilakukan pelatihan Tari Galombang dalam upaya meningkatkan kreativitas dan pelestariannya di …. (tempat melakukan pelatihan).

 

E. Tujuan Kegiatan

Rumusan tujuan akan dicapai secara spesifik yang merupakan kondisi baru yang diharapkan terwujud setelah kegiatan Pelatihan Tari Galombang selesai. Rumusan tujuan tujuan hendaknya jelas dan dapat diukur.
Contoh:
1.       Meningkatkan kreativitas kelompok penari Galombang tentang pentingnya memiliki  keterampilan di bidang seni.
2.      Meningkatakan apresiasi (pemahaman) seni, khususnya yang berkaitan dengan penguasaan Tari Galombang.
3.      Meningkatkan kemampuan teknis atau keterampilan dalam menarikan Tari Galombang.
4.      Membimbing langsung kelompok penari Galombang dalam upaya meningkatkan kreativitas dan pelestariannya di ……. (tempat melakukan pelatihan).

F. Manfaat Kegiatan

Gambarkan manfaat bagi khalayak sasaran, dari segi aspek fungsionalnya dalam masyarakat maupun dari segi penerapan IPTEKS, setelah kegiatan Pelatihan Tari Galombang selesai.

Contoh:
1.       Meningkatnya apresiasi para peserta terhadap seni dan secara teknis mereka mampu menarikan tari Galombang dengan baik.
2.      Dari aspek socsal, nagari/sekolah ….. telah mempunyai potensi seni khususnya tari Galombang yang dapat dimanfaatkan atau difungsikan untuk kepentingan masyarakat nagari sesuai dengan keperluannya.
3.      Dengan adanya inovasi dan teknik penataannya dengan sentuhan estetik; diharapkan masyarakat merasa memilikinya.

G. Kerangka Pemecahan Masalah

Merupakan kerangka berfikir secara empirik untuk memecahkan masalah yang sudah diidentifikasi. Gambarkan berbagai alternatif pemecahan masalah yang mungkin dilakukan untuk menangani masalah yang dirumuskan.
Contoh:
Untuk memecahkan masalah yang terdapat dalam kegiatan pelatihan Tari Galombang adalah sebagai  berikut:
1.       Menjelaskan tentang perlunya pengembangan (inovatif) dan pelestarian tari Galombang.
2.      Memberikan penjelasan tentang bagian-bagian dari tari Galombang yang harus dilakukan oleh setiap kelompok.
3.      Memberikan keterampilan dalam penguasaan materi masing-masing kelompok.
4.      Mempraktekkan bagian-bagian dalam tari Galombang secara langsung kepada masing-masing kelompok.
5.      Menggabungkan dengan musik, untuk mencocokan tempo, dinamik dan bagian-bagian penting yang terkait dengan musik.

H. Khalayak Sasaran

Siapa (individu atau kelompok) anggota khalayak sasaran yang dianggap strategis (mampu dan mau) untuk dilibatkan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (sesuai dengan judul kegiatan), misalnya Pelatihan Tari Galombang.
Jelaskan siapa saja para pendukung tari Galombang itu (mungkin pemuda, siswa atau gabungan keduanya). Bagaimana mereka bisa ikut dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata  (seperti dalam pelatihan Tari Galombang).

I. Metode Kegiatan

Sebut dan uraikan metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan dalam butir E (Tujuan Kegiatan).

Contoh:
Metode yang dipakai dalam kegiatan pelatihan Tari Galombang ini adalah gabungan antara penyuluhan dan praktek dengan rincian sebagai berikut:
1. Penyuluhan kepada kelompok penari Galombang dilakukan dengan cara:
a.       Memberikan penjelasan tentang pentingnya penguasaan keterampilan berkesenian sebagai bagian dari kebutuhan pengembangan diri.
b.      Menjelaskan kepada peserta bahwa tari Galombang terdiri dari 4 (empat) bagian
c.       Penjelasan tentang pentingnya masyarakat/siswa di ….) tempat melakukan kegiatan) untuk memiliki tari Galombang.
2. Praktek pelatihan tari Galombang dilakukan sesuai dengan bagian-bagian atau kelompok-kelompok yang akan menarikan dengan cara pelatihan kelompok silat dan penari Galombang secara terpisah; kemudian melatih kelompok penari Galombang dan melatih pembawa carano beserta kelengkapannya; dan terakhir penggabungan secara utuh serta diringi dengan musik.

J. Rencana dan Jadwal Kerja
Gambarkan tahap-tahap kegiatan dan jadwal secara spesifik dan jelas dalam suatu barchart. Jelaskan pula apa yang akan dikerjakan setiap tahapan, dan kapan waktunya.


Rencana dan Jadwal Kerja


Pelatihan Tari Galombang
Bulan Agustus 2006 dalam Hitungan Minggu
1
2
3
4
5
1. Mengadakan pertemuan dan penyempurna-an program





2.  Pelatihan kelompok silat





3.  Pelatihan kelompok tari piring





4.  Pelatihan kelompok galombang





5. Pelatihan Pembawa carano (payung, pembaca pasambahan





6. Pengabungan dengan musik







K. Indikator Keberhasilan
Apa saja kriteria atau indikator pencapaian tujuan dan tolok ukur yang digunakan untuk  menyatakan keberhasilan dari kegiatan yang dilakukan.

Contoh:
            Indikator keberhasilan dalam pelatihan tari Galombang dapat dilihat pada tabel berikut.


Indikator Keberhasilan Pelatihan Tari Galombang

Indikator Pencapaian Target
Baseline
Bulan Agustus 2006
Target
Minggu I
Target Minggu II
Target Minggu III
Target Minggu IV
Target Minggu V
1.
Pelatihan Kelompok Silat
10%
40%
40%



2.
Pelatihan Kelompok Tari Piring
%
40%
60%



3.
Pelatihan Kelompok galombang
%


30%
70%

4.
Pelatihan pembawa carano
%



80%

5.
Gabungan dengan musik
%



80%
100%


Demikian panduan program kerja Kuliah Kerja Nyataini disusun dan disosialisasikan untuk dapat dijadikan sebagai pedoman dalam  melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat.


Padangpanjang, 20 April 2006

                                                                        Ka. Puslit dan P2M




                                                                        Andar Indra Sastra, S.Sn.,M.Hum.
                                                                        NIP. 131 793 881

























Contoh Model Laporan Kuliah Kerja Nyata


LAPORAN KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA

JUDUL KEGIATAN …………………….…
 DI ………………………………………






 












Oleh:

NAMA MAHASISWA
NIM………………………….. …




DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
SEKOLAH TINGGI SENI INDONESIA
PADANGPANJANG
2006
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN KULIAH KERJA NYATA
DI ……………………………………………….

1. Judul Kegiatan                               :
2. Pelaksana                                       :
a. Nama                                         :
b. NIM                                           :
c. Jurusan                                      :
d. Jenis Kelamin                           :
e. Bidang Keahlian                                   :
f. Alamat Rumah/No. Telf/HP    :
3. Jangka Waktu Kegiatan                : dari tanggal ….. s/d tanggal ……… Tahun 2006
4. Lokasi Kukerta                              : …………………………….……..

 


                                                                       Padangpanjang, 20 Juli 2006
Diketahui oleh:
Pembimbing                                                        Pelaksana Kegiatan




(Nama ……………………..)                                    (Nama ………………………….)
NIP. ……………………….                                        NIM. ..……………………………



Diketahui/Disetujui:


Ka. Puslit dan P2M




Andar Indra Sastra, S.Sn.,M.Hum.
NIP. 131793881


DAFTAR ISI
LAPORAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

halaman

HALAMAN SAMPUL …………………………………………………………………………………
i
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………………………………..
ii
PRAKATA …………………………………………………………………………………………………
iii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………………
iv
DAFTAR GAMBAR …………………………………………………………………………………….
v


I.
PENDAHULUAN ………………………………………………………………………………
1

A. Analisis Situasi ………………………………………………………………………………
B. Perumusan Masalah ………………………………………………………………………
C. Tujuan dan Manfaat ………………………………………………………………………

II.
MATERI DAN METODE PELAKSANAAN …………………………………………..


A.
Khalayak Sasaran ……………………………………………………………………….


B.
Metode Yang Digunakan ……………………………………………………………..


C.
Kerangka Pemecahan Masalah …………………………………………………….


D.
Realisasi Pemecahan Masalah ……………………………………………………..

III.
HASIL DAN PEMBAHASAN ………………………………………………………………
Jelaskan hasil apa saja yang telah diperoleh dan kemudian bahas dengan berbagai acuan yang ada, selanjutnya buat pencapaian target  dalam bentuk barchart.

IV.
KESIMPULAN DAN SARAN ………………………………………………………………


A.
Kesimpulan ………………………………………………………………………………..


B.
Saran …………………………………………………………………………………………


















PEMANTAUAN KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA
MAHASISWA STSI PADANGPANJANG
OLEH: DOSEN PEMBIMBING

1.
a.
Perguruan Tinggi
:


b.
Jurusan
:

2.
Judul Kegiatan

:

3.
Ketua Pelaksana


4.
Lokasi Kegiatan
:

5.
Waktu Pelaksanaan
:


a.
Tanggal Mulai Kegiatan - Tanggal Perkiraan Selesai
:


b.
Perkiraan Tanggal Penyerahan Laporan
:
2 Oktober 2006
7.
Apakah Puslit dan P2M berperan dalam
:


a.
Penyusunan Strategi Program
:
ya/tidak

b.
Mengadakan pembekalan kegiatan
:
ya/tidak

c.
Memberikan pengarahan kepada pembimbing



c.
Memonitor pelaksanaan kegiatan
:
ya/tidak

d.
Penyusunan Laporan Kegiatan
:
ya/tidak

e.
Mengendalikan program
:
ya/tidak

f.
Memantau pembuatan laporan akhir
:
ya/tidak

h.
Memberikan pelayanan lain
:
ya/tidak
8.
Kesesuaian Pelaksanaan Kegiatan



a.
Waktu Pelaksanaan
:
Sesuai/menyimpang

b.
Materi yang direncanakan
:
Sesuai/menyimpang

c.
Alat yang digunakan
:
Sesuai/menyimpang

d.
Kerangka pemecahan masalah
:
Sesuai/menyimpang

e.
Metode yang digunakan
:
Sesuai/menyimpang

Bila menyimpang berikan penjelasannya
:

9.
Cara Pemantauan



a.
Tinjauan Lapangan/Lokasi
:


b.
Wawancara
:


c.
Melihat kondisi lapangan
:


d.
Lainnya, sebutkan ………….
:

10.
Masalah yang dihadapi pelaksana dan upaya mengatasinya
:

11.
Hasil yang dicapai dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata

:

12.
Temuan Penting dalam Pemantauan

:

13.
Penilaian Umum dan Saran

:

14.
Tanggal Pemantauan

:




……………………………………………
Mengetahui,
Ka. Puslit da P2M



Cap dan tanda tangan
Pembimbing,




Tanda tangan


(…………………………………….)
NIP………………………………..
(…………………………………….)
NIP………………………………..


















FORMAT PENILAIAN PELAKSANAAN
KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA


Judul
:

Pelaksana Kegiatan
:

Jurusan
:

Bidang Ilmu Pelaksana Kegiatan
:
………. minggu/bulan
Bentuk Kegiatan
:

Lama Kegiatan
:


NO.
KRITERIA
INDIKATOR PENILAIAN
BOBOT
SKOR
NILAI
1.
Masalah yang ditangani
a.  Judul
b.  Analisis Situasi
c.   Perumusan Masalah
30


2.
Tujuan dan Manfaat
d.  Tujuan
e.  Manfaat
15


3.
Kerangka Berpikir
f.    Kerangka pemecahan masalah
g.  Khalayak sasaran antara yang strategis
h.  Metode kegiatan
25


4.
Rencana dan Jadwal Kerja
i.    Rencana
j.    Jadwal kerja
30


J U M L A H
100



Setiap kriteria diberi skor: 1, 2, 4, dan  5 (1=sangat kurang, 2= kurang, 4=baik, dan 5=sangat baik)

Hasil Penilaian: Diterima/ditolak
Alasan penolakan: a, b, c, d, e, f, g, h, i, dan j (sebutkan ………………………………………..)
Batas Penerimaan: 75
Saran/Rekomendasi:

………………………….,………………………….
Penilai,


(…………………………………………)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar