Senin, 28 November 2011

contoh buku ajar


INFORMASI PUSAT
PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
STSI PADANGPANJANG









 















DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
SEKOLAH TINGGI SENI INDONESIA
(STSI) PADANGPANJANG
2006




USUL PENULISAN BUKU AJAR


JUDUL PENULISAN BUKU










 














Oleh:
………………………………..
NIP……………………………..





DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
SEKOLAH TINGGI SENI INDONESIA
PADANGPANJANG
2006
HALAMAN PERSETUJUAN


1.
Judul Buku Ajar


2.
Data Penyusun



a.
Nama Lengkap dan Gelar
:


b.
Golongan Pangkat dan NIP
:


c.
Jenis Kelamin
:


d.
Jabatan Fungsional
:


e.
Jabatan Struktural
:


f.
Jurusan/Program Studi
:


g.
Bidang Keahlian
:

3.
Jangka Waktu Penyusunan Buku Ajar
:
Bulan … s.d Bulan …. Tahun 2006

 




Padangpanjang,  ..……,……………………..

Mengetahui:


Tanda tangan


(…………………………..) 
NIP………………………
Penyusun,


Tanda tangan


(…………………………..) 
NIP………………………



Mengetahui/Menyetujui,

Ka. Puslit dan P2M   


Cap dan tanda tangan


(…………………………..) 
NIP………………………
Pembantu Ketua I Bid. Akademis


Cap dan tanda tangan


(…………………………..) 
NIP………………………






A. Judul Buku Ajar

B. Abstrak
            Tulisan secara padat tentang gagasan inovatif untuk memperbaharui proses pembelajaran dari mata kuliah yang dibina; meliputi penjelasan setiap item yang merupakan kesatuan sistem dari proses pembelajaran, termasuk peralatan atau media yang diperlukan dan yang diciptakan.

C. Latar Belakang

            Uraikan berdasarkan kenyataan tentang proses pembelajaran untuk mata kuliah yang diajar, meliputi: kelebihannya, kekurangannya, peluang dan hambatan. Atas dasar uraian tersebut, jelaskan gagasan inovatif yang bagaimana akan diwujudkan untuk memperbaharui proses pembelajaran pada mata kuliah yang diajar. Sertakan alasan, mengapa gagasan itu harus diwujudkan (untuk uraian tidak lebih dari 2 halaman)

D. Tujuan

            Rumuskan tujuan dari kegiatan itu; yang harus diperhatikan adalah bahwa tujuan dari kegiatan tersebut tidak semata-mata untuk menghasilkan konsep “didaktik metodik” dan bahan atau media ajar saja, melainkan bagaimana konsep dan bahan ajar tersebut dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran yang berdampak pada peningkatan kualitas.

E. Manfaat

            Jelaskan manfaat dari hasil kegiatan ini, berupa pernyataan harapan atas hasil inovasi dari proses pembelajaran mata kuliah yang dibina terhadap peningkatan prestasi yang dicapai mahasiswa. Lebih baik apabila indikator keberhasilan itu dinyatakan secara kuantitatif. Misalnya nilai ujian mahasiswa untuk mata kuliah itu semula rata-rata 2,00, setelah menggunakan hasil inovasi meningkat menjadi rata-rata 2.50. Untuk penjelasan itu tidak lebih dari setengah halaman.

F. Langkah-langkah Kegiatan

            Jelaskan secara sistematis langkah-langkah yang akan dikerjakan, mulai dari proses perencanaan, pengerjaan, dan pembahasan atas hasil kegiatan tersebut. Yang harus diperhatikan adalah bahwa kegiatan itu harus sudah berakhir (ditandai dengan penyampaian laporan selambat-lambatnya pada tanggal 20 November 2006)

G. Rincian Biaya

            Buatlah rincian biaya yang diperlukan untuk kegiatan tersebut dengan patokan dana Rp 3.000.000,-






KETENTUAN LAINNYA


I.                   Proposal diserahkan ke Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat paling lambat tanggal 10 Mei 2006 setelah diketahui oleh Ketua Jurusan, Ka. Puslit dan P2M dan PK I STSI Padangpanjang. Bagi yang yang tidak menyerahkan pada hari dan tanggal yang telah ditetapkan, maka jatahnya akan dialihkan pada yang lain.
II.                Buku Ajar yang mendapat dana dari lembaga pada tahun anggaran 2006 sebanyak 14 judul, dengan rincian: (1)  3 judul untuk Jurusan Karawitan; (2) 3 judul untuk Jurusan Tari; (3) 3 judul untuk Jurusan Musik; (4) 3 judul untuk Jurusan Teater; dan (5) 2 judul untuk Jurusan Kriya.
III.             Panduan Teknis Pembuatan Buku Ajar
a.      Memuat materi untuk 17 kali pertemuan tatap muka
b.      Ukuran kertas 16,5 x 21 cm
c.       Laporan Buku Ajar diserahkan sebanyak 5 eksemplar (untuk Keuangan, Puslit dan P2M, serta Jurusan) paling lambat tanggal 20 November 2006.


Padangpanjang, 18 April 2006
Ka. Puslit dan P2 M




Andar Indra Sastra,S.Sn.,M.Hum.
NIP. 131793881

















Contoh Model Laporan Buku Ajar[1]

 

 

 

BUKU AJAR


(JUDUL MATA KULIAH…………….)







 












Oleh:

NAMA: ………………………………………
NIP. ..…..……………………………



DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
SEKOLAH TINGGI SENI INDONESIA
PADANGPANJANG
2005
HALAMAN PENGESAHAN


1.
Judul Buku Ajar


2.
Data Penyusun



a.
Nama Lengkap dan Gelar
:


b.
Golongan Pangkat dan NIP
:


c.
Jenis Kelamin
:


d.
Jabatan Fungsional
:


e.
Jabatan Struktural
:


f.
Jurusan/Program Studi
:


g.
Bidang Keahlian
:


h
Waktu untuk
:

3.
Jangka Waktu Penyusunan Buku Ajar
:
…. Minggu, dari tgl … s.d …. Tahun 2006
4.
Biaya yang dipergunakan
:





Padangpanjang,  ..……,……………………..




Mengetahui/Menyetujui,

Ka. Puslit dan P2M


Cap dan tanda tangan


(…………………………..)
NIP………………………









DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ..............................................................................................
i
LEMBAR PENGESAHAN ....................................................................................
ii
PENGANTAR .......................................................................................................
iii
DAFTAR ISI .........................................................................................................
iv
PEDOMAN MAHASISWA ...................................................................................
v


BAB I ....................................................................................................................
1
PENDAHULUAN
1

Tinjauan Mata Kuliah
.....

Model Pembelajaran
.....

Kontrak Perkuliahan
.....



PENYEKAT BAB II

BAB II

JUDUL .......................................................


Sub Bab


Sub Bab


Sub Bab


Sub-Sub Bab   

Tugas Kelompok

Latihan Soal-soal

Daftar Pustaka Bab II

Rangkuman Bab II




PENYEKAT BAB III

BAB III

JUDUL .......................................................


Sub Bab


Sub Bab


Sub Bab


Sub-Sub Bab   

Tugas Kelompok

Latihan Soal-soal

Daftar Pustaka Bab II

Rangkuman Bab II

Dan seterusnya, ......



BAB X

PENUTUP



LAMPIRAN I

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)

LAMPIRAN II

ANALISIS INSTRUKSIONAL

CONTOH: PEDOMAN MAHASISWA



MATA KULIAH
:
..................................................
KODE MATA KULIAH
:
..................................................
WAKTU
:
(16 X 100 MENIT) = 1600 MENIT


Persiapan:
1.
Bacalah terlebih dahulu TIU dan TIK yang tertera di awal setiap BAB
2.
Pelajarilah dengan seksama maeri kuliah, rangkuman, dan buku acuan dari tiap BAB sampai saudara memahami betul
3.
Kerjakan pertanyaan-pertanyaan dan tugas-tugas yang terdapat di dalam buku kegiatan, termasuk tugas belajar mandiri dan pembuatan laporan
4.
a.
Bila menjumpai kesulitan, diskusikan dengan deman dan/atau dosen pada saat kuliah/tatap muka.

b.
Bila tidak mendapat kesulitan, Saudara dapat mempelajari materi kuliah baru, rangkuman dan buku acuan dari BAB-BAB berikutnya.
5.
Pelajari sekali lagi materi kuliah tersebut, kemudian Saudara harus menempuh soal-soal latihan, ujian mid semester, dan ujian semester yang telah direncanakan.
6.
a.
Bila saudara tidak berhasil, adakan remedi dengan jalan pelajari sekali lagi bagian materi kuliah yang tidak berhasil tersebut dari  materi, rangkuman, buku acuan atau diskusikan dengan teman atau tanyakan kepada dosen pada saat kuliah/tatap muka. selanjutnya Saudara dapat mempelajari materi kuliah baru

b.
Bila Saudara berhasil, Saudara dapat mempelajari materi baru/berikutnya.


















Kegiatan Belajar dengan Bahan Ajar seperti tersebut dapat digambarkan seperti bagan di bawah ini:












[1] Halaman judul ini hanya sebagai alternatif, dosen boleh merancang setting halaman judul sesuai dengan kebutuhannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar