INFORMASI
PUSAT
PENELITIAN
DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
STSI
PADANGPANJANG
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
SEKOLAH TINGGI SENI INDONESIA
(STSI) PADANGPANJANG
2006
USUL PENULISAN BUKU AJAR
JUDUL PENULISAN BUKU
Oleh:
………………………………..
NIP……………………………..
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
SEKOLAH TINGGI SENI INDONESIA
PADANGPANJANG
2006
HALAMAN
PERSETUJUAN
1.
|
Judul Buku Ajar
|
|
|
|
2.
|
Data Penyusun
|
|
|
|
|
a.
|
Nama Lengkap dan Gelar
|
:
|
|
|
b.
|
Golongan Pangkat dan NIP
|
:
|
|
|
c.
|
Jenis Kelamin
|
:
|
|
|
d.
|
Jabatan Fungsional
|
:
|
|
|
e.
|
Jabatan Struktural
|
:
|
|
|
f.
|
Jurusan/Program Studi
|
:
|
|
|
g.
|
Bidang Keahlian
|
:
|
|
3.
|
Jangka Waktu Penyusunan Buku Ajar
|
:
|
Bulan
… s.d Bulan …. Tahun 2006
|
|
Padangpanjang,
..……,……………………..
|
Mengetahui:
Tanda tangan
(…………………………..)
NIP………………………
|
Penyusun,
Tanda tangan
(…………………………..)
NIP………………………
|
Mengetahui/Menyetujui,
|
|
Ka. Puslit dan P2M
Cap dan tanda tangan
(…………………………..)
NIP………………………
|
Pembantu
Ketua I Bid. Akademis
Cap dan tanda tangan
(…………………………..)
NIP………………………
|
A. Judul Buku Ajar
B. Abstrak
Tulisan secara padat tentang gagasan inovatif
untuk memperbaharui proses pembelajaran dari mata kuliah yang dibina; meliputi
penjelasan setiap item yang merupakan kesatuan sistem dari proses pembelajaran,
termasuk peralatan atau media yang diperlukan dan yang diciptakan.
C. Latar Belakang
Uraikan berdasarkan kenyataan
tentang proses pembelajaran untuk mata kuliah yang diajar, meliputi:
kelebihannya, kekurangannya, peluang dan hambatan. Atas dasar uraian tersebut,
jelaskan gagasan inovatif yang bagaimana akan diwujudkan untuk memperbaharui
proses pembelajaran pada mata kuliah yang diajar. Sertakan alasan, mengapa
gagasan itu harus diwujudkan (untuk uraian tidak lebih dari 2 halaman)
D. Tujuan
Rumuskan tujuan dari kegiatan itu; yang harus
diperhatikan adalah bahwa tujuan dari kegiatan tersebut tidak semata-mata untuk
menghasilkan konsep “didaktik metodik” dan bahan atau media ajar saja,
melainkan bagaimana konsep dan bahan ajar tersebut dapat meningkatkan
efektivitas pembelajaran yang berdampak pada peningkatan kualitas.
E. Manfaat
Jelaskan manfaat dari hasil kegiatan ini, berupa
pernyataan harapan atas hasil inovasi dari proses pembelajaran mata kuliah yang
dibina terhadap peningkatan prestasi yang dicapai mahasiswa. Lebih baik apabila
indikator keberhasilan itu dinyatakan secara kuantitatif. Misalnya nilai ujian
mahasiswa untuk mata kuliah itu semula rata-rata 2,00, setelah menggunakan
hasil inovasi meningkat menjadi rata-rata 2.50. Untuk penjelasan itu tidak
lebih dari setengah halaman.
F. Langkah-langkah Kegiatan
Jelaskan secara sistematis
langkah-langkah yang akan dikerjakan, mulai dari proses perencanaan,
pengerjaan, dan pembahasan atas hasil kegiatan tersebut. Yang harus
diperhatikan adalah bahwa kegiatan itu harus sudah berakhir (ditandai dengan
penyampaian laporan selambat-lambatnya pada tanggal 20 November 2006)
G. Rincian Biaya
Buatlah rincian biaya
yang diperlukan untuk kegiatan tersebut dengan patokan dana Rp 3.000.000,-
KETENTUAN LAINNYA
I.
Proposal
diserahkan ke Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat paling lambat
tanggal 10 Mei 2006 setelah diketahui oleh Ketua Jurusan, Ka. Puslit dan P2M
dan PK I STSI Padangpanjang. Bagi yang yang tidak menyerahkan pada hari dan
tanggal yang telah ditetapkan, maka jatahnya akan dialihkan pada yang lain.
II.
Buku Ajar yang mendapat
dana dari lembaga pada tahun anggaran 2006 sebanyak 14 judul, dengan rincian:
(1) 3 judul untuk Jurusan Karawitan; (2)
3 judul untuk Jurusan Tari; (3) 3 judul untuk Jurusan Musik; (4) 3 judul untuk
Jurusan Teater; dan (5) 2 judul untuk Jurusan Kriya.
III.
Panduan Teknis Pembuatan
Buku Ajar
a.
Memuat
materi untuk 17 kali pertemuan tatap muka
b.
Ukuran
kertas 16,5 x 21 cm
c.
Laporan
Buku Ajar diserahkan sebanyak 5 eksemplar (untuk Keuangan, Puslit dan P2M,
serta Jurusan) paling lambat tanggal 20 November 2006.
Padangpanjang, 18 April 2006
Ka. Puslit dan P2 M
Andar Indra Sastra,S.Sn.,M.Hum.
NIP. 131793881
Contoh Model Laporan
Buku Ajar[1]
BUKU AJAR
(JUDUL
MATA KULIAH…………….)
Oleh:
NAMA:
………………………………………
NIP.
..…..……………………………
DEPARTEMEN
PENDIDIKAN NASIONAL
SEKOLAH
TINGGI SENI INDONESIA
PADANGPANJANG
2005
HALAMAN
PENGESAHAN
1.
|
Judul Buku Ajar
|
|
|
|
2.
|
Data Penyusun
|
|
|
|
|
a.
|
Nama Lengkap dan Gelar
|
:
|
|
|
b.
|
Golongan Pangkat dan NIP
|
:
|
|
|
c.
|
Jenis Kelamin
|
:
|
|
|
d.
|
Jabatan Fungsional
|
:
|
|
|
e.
|
Jabatan Struktural
|
:
|
|
|
f.
|
Jurusan/Program Studi
|
:
|
|
|
g.
|
Bidang Keahlian
|
:
|
|
|
h
|
Waktu untuk
|
:
|
|
3.
|
Jangka Waktu Penyusunan Buku Ajar
|
:
|
….
Minggu, dari tgl … s.d …. Tahun 2006
|
|
4.
|
Biaya yang dipergunakan
|
:
|
|
|
Padangpanjang, ..……,……………………..
|
Mengetahui/Menyetujui,
|
|
Ka. Puslit dan P2M
Cap dan tanda tangan
(…………………………..)
NIP………………………
|
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ..............................................................................................
|
i
|
|
LEMBAR PENGESAHAN
....................................................................................
|
ii
|
|
PENGANTAR
.......................................................................................................
|
iii
|
|
DAFTAR ISI
.........................................................................................................
|
iv
|
|
PEDOMAN MAHASISWA
...................................................................................
|
v
|
|
|
|
|
BAB I
....................................................................................................................
|
1
|
|
PENDAHULUAN
|
1
|
|
|
Tinjauan Mata Kuliah
|
.....
|
|
Model Pembelajaran
|
.....
|
|
Kontrak Perkuliahan
|
.....
|
|
|
|
PENYEKAT BAB II
|
|
|
BAB II
|
|
|
JUDUL
.......................................................
|
|
|
|
Sub Bab
|
|
|
Sub Bab
|
|
|
Sub Bab
|
|
|
Sub-Sub Bab
|
|
Tugas Kelompok
|
|
|
Latihan Soal-soal
|
|
|
Daftar Pustaka Bab II
|
|
|
Rangkuman Bab II
|
|
|
|
|
|
PENYEKAT BAB III
|
|
|
BAB III
|
|
|
JUDUL
.......................................................
|
|
|
|
Sub Bab
|
|
|
Sub Bab
|
|
|
Sub Bab
|
|
|
Sub-Sub Bab
|
|
Tugas Kelompok
|
|
|
Latihan Soal-soal
|
|
|
Daftar Pustaka Bab II
|
|
|
Rangkuman Bab II
|
|
|
Dan
seterusnya, ......
|
|
|
|
|
|
BAB X
|
|
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
|
LAMPIRAN I
|
|
|
GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)
|
|
|
LAMPIRAN II
|
|
|
ANALISIS INSTRUKSIONAL
|
|
CONTOH: PEDOMAN MAHASISWA
MATA KULIAH
|
:
|
..................................................
|
KODE MATA KULIAH
|
:
|
..................................................
|
WAKTU
|
:
|
(16 X 100 MENIT) = 1600 MENIT
|
Persiapan:
|
||
1.
|
Bacalah terlebih
dahulu TIU dan TIK yang tertera di awal setiap BAB
|
|
2.
|
Pelajarilah dengan
seksama maeri kuliah, rangkuman, dan buku acuan dari tiap BAB sampai saudara
memahami betul
|
|
3.
|
Kerjakan
pertanyaan-pertanyaan dan tugas-tugas yang terdapat di dalam buku kegiatan,
termasuk tugas belajar mandiri dan pembuatan laporan
|
|
4.
|
a.
|
Bila menjumpai
kesulitan, diskusikan dengan deman dan/atau dosen pada saat kuliah/tatap
muka.
|
|
b.
|
Bila tidak
mendapat kesulitan, Saudara dapat mempelajari materi kuliah baru, rangkuman
dan buku acuan dari BAB-BAB berikutnya.
|
5.
|
Pelajari sekali
lagi materi kuliah tersebut, kemudian Saudara harus menempuh soal-soal
latihan, ujian mid semester, dan ujian semester yang telah direncanakan.
|
|
6.
|
a.
|
Bila saudara tidak
berhasil, adakan remedi dengan jalan pelajari sekali lagi bagian materi
kuliah yang tidak berhasil tersebut dari
materi, rangkuman, buku acuan atau diskusikan dengan teman atau
tanyakan kepada dosen pada saat kuliah/tatap muka. selanjutnya Saudara dapat
mempelajari materi kuliah baru
|
|
b.
|
Bila Saudara
berhasil, Saudara dapat mempelajari materi baru/berikutnya.
|
Kegiatan Belajar dengan Bahan Ajar seperti tersebut dapat
digambarkan seperti bagan di bawah ini:
[1] Halaman judul ini hanya sebagai
alternatif, dosen boleh merancang setting halaman judul sesuai dengan
kebutuhannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar